SEJARAH SINGKAT INSTITUT SAINS DAN BISNIS (ISB) ATMA LUHUR PANGKALPINANG


Institut Sains Dan Bisnis (ISB) Atma Luhur berdiri tahun 2020 merupakan pengembangan / rubah bentuk dari Sekolah Tinggi Manajemen Informatikan Dan Komputer (STMIK) Atma Luhur yang berdiri sejak tahun 2009. STMIK Atma Luhur juga merupakan pengembangan / rubah bentuk  dari Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK ) Atma Luhur yang telah berdiri sejak tahun 2001. Sedangkan AMIK Atma Luhur merupakan pengembangan dari Lembaga Kursus Komputer (LPK) Atma Luhur yang sebelumnya bernama LPK Budi Luhur berdiri pada tahun 1991.

Berikut sejarah singkat tahapan mulai dari LPK Budi Luhur sampai dengan ISB Atma Luhur saat ini :

1. LPK Budi Luhur Pangkalpinang berdiri tahun 1991

Pada tahun 1991 Yayasan Budi Luhur Jakarta mendirikan LPK Budi Luhur Pankalpinang dengan tempat bertempat di sebuah Rumah Toko dan status sewa beralamat di Jalan Mayor Safri Rahman Pangkalpinang yang saat ini berubah nama menjadi jalan Soekarno Hatta. Pada saat itu kursus diselenggarakan dengan menggunakan Komputer PC dengan spesifikasi XT-8088, AT-286 dan beberapa AT-386 dengan kursus-kursus yang diberikan merupakan kursus dasar aplikasi perkantoran berupa Wordstar 4.0, Lotus 123 dan DBASE III dan lain-lain.

Pada Tahun 1997 LPK Budi Luhur pindah tempat ke Jalan Masjid Jamik Nomor 56 Pangkalpinang dengan status tempat kursus milik sendiri (membeli) rumah yang difungsikan untuk tempat kursus dan dilakukan pembaharuan komputer dengan spesifikasi Pentium 100 dengan sistem operasi Windows 95 dan Microsoft Office 95 dan selanjutnya memberikan kursus-kursus Microsoft Office berupa Microsoft Word dan Microsoft Excel dan lain-lain yang berkembang dengan jumlah siswa kursus yang meningkat. Dari kondisi perkembangan peserta yang terus meningkat dari tahun ke tahun  maka selanjutnya pada tanggal 27 Juli 2000 Ketua Yayasan Budi Luhur Bapak Drs. Djaetun HS. mendirikan Yayasan Atma Luhur Pangkalpinang sebagai cikal bakal pengelola / penyelenggara AMIK Atma Luhur yang kemudian berkembang menjadi STMIK Atma Luhur, dan menjadi ISB Atma Luhur saat ini.

2. LPK Atma Luhur Pangkalpinang

Dengan berdirinya Yayasan Atma Luhur selanjutnya LPK Budi Luhur berubah nama menjadi LPK Atma Luhur Pangkalpinang sebagai cikal bakal dan pondasi berdirinya AMIK Atma Luhur pada tahun 2001

3. AMIK Atma Luhur Pangkalpinang

Tepat Pada 9 September 2001 melalui Surat Keputusan Dirjend DIKTI AMIK Atma Luhur berdiri dengan dua Program Studi jenjang Diploma 3 (D3) yaitu Manajemen Informatika dan Komputerisasi Akuntasi. Pada tahun akademik 2008/2009, AMIK Atma Luhur yang merupakan satu-satunya perguruan tinggi komputer di wilayah Propinsi Kepulauan Bangka Belitung saat itu memiliki mahasiswa aktif sekitar 1000 orang. Sejak berdirinya tahun 2001, AMIK Atma Luhur telah mewisuda sebanyak lima angkatan, sehingga jumlah lulusannya saat itu adalah sebanyak 1977 orang, dan sebagian besar telah memiliki pekerjaan baik instansi pemerintah maupun swasta. Dan akhirnya pada tahun 2009 AMIK Atma Luhur berkembang menjadi STMIK Atma Luhur

4. STMIK Atma Luhur Pangkalpinang

Karena permintaan dari banyak pihak, baik dari kalangan pemerintahan, dunia kerja, para orang tua, para alumni SLTA, dan juga sebagian besar para alumni AMIK Atma Luhur yang berjumlah 1977 orang yang sebagian besar ingin melanjutkan studi mereka ke jenjang yang lebih tinggi yaitu program strata satu (S-1), maka pengurus Yayasan Atma Luhur akhirnya dengan bulat hati mendirikan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Atma Luhur yang merupakan pengembangan dari Akademi Manajemen Informatika dan Komputer ( AMIK ) Atma Luhur.

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer ( STMIK ) Atma Luhur menyelenggarakan program studi Strata Satu (S-1), yaitu Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Selain menyelenggarakan program studi Diploma Tiga (D-III) yang selama ini dikelola AMIK Atma Luhur, yaitu program Manajemen Informatika dan Komputerisasi Akuntansi. Sejak Tahun 2014 STMIK Atma Luhur menyelenggarakan tiga program studi dari empat program studi yang sebelumnya diselenggarakan berkurang satu program studi Komputerisasi Akuntansi jenjang Diploma 3 yang ditutup karena kurangnya peminat dan telah menghasilkan lulusan sebanyak 3684 orang. Tiga Program Studi yang masih beroperasi telah terakreditasi “B” oleh BAN-PT. Demikian juga untuk PerguruanTinggi STMIK Atma Luhur / Institusi STMIK Atma Luhur juga telah terakreditasi “B” oleh BAN-PT sejak Desember 2018.

5. Institut Sains Dan Bisnis (ISB) Atma Luhur

Selanjutnya dengan berkembangnya kondisi dan kebutuhan masyarakat maka pada Tanggal 13 Maret 2020 Yayasan Atma Luhur Pangkalpinang berhasil mengembangkan / merubah bentuk STMIK Atma Luhurj menjadi Institut Sains Dan Bisnis (ISB) Atma Luhur dengan membuka 2 fakultas : Fakultas Teknologi Informasi yang menaungi tiga program studi yaitu: Teknik Informatika Jenjang Strata 1, Sistem Informasi jenjang Strata 1, dan Manajemen Informatika jenajng Diploma 3, dan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis dengan mendirikan 1 Program Studi Bisnis Digital.          Institut Sains Dan Bisnis (ISB) Atma Luhur adalah perguruan tinggi pioneer dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi di bidang Komputer dan Bisnis Digital di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Dengan pengalaman 40 tahun mengelola pendidikan tinggi di bidang komputer, Yayasan Atma Luhur memiliki visi serta misi yang sangat terarah dan jelas dalam komitmennya menjalankan pendidikan tinggi bidang Komputer dan Bisnis Digital. Globalisasi, Era Industri 4.0 dan krisis yang terjadi saat ini memberikan dampak dalam persaingan tenaga kerja profesional yang semakin ketat. Untuk itu, kita perlu membekali diri dengan kemampuan akademis maupun praktis agar menjadi tenaga kerja yang tangguh yang terus dapat bertahan dalam persaingan, khususnya dalam meningkatkan karier. ISB Atma Luhur hadir untuk menjawab tantangan ini dan membuka kesempatan untuk dapat menambah pengetahuan dalam bidang teknologi informasi dan Bisnis Digital yang pada saat ini masih merupakan pilihan teratas dalam peningkatan karier.